CastraLinux OS, Sistem Operasi Kebanggaan SMA N 1 Pati

Menggunakan sistem operasi Open Source berbasis linux merupakan pilihan cerdas di dunia pendidikan, selain tidak perlu mengelurkan budget untuk pembelian sistem operasi, Linux juga lebih stabil dan aman dari virus dibanding sistem operasi windows. Kelebihan lainnya adalah linux dikembangkan oleh seluruh programmer di seluruh dunia, jadi jika ada bug akan cepat segera diperbaiki.

Pemerintah sendiri telah mengadakan gerakan Indonesia Go Open Source (IGOS) yang merupakan sebuah semangat gerakan untuk meningkatkan penggunaan dan pengembangan perangkat lunak sumber terbuka di Indonesia. IGOS dideklarasikan pada 30 Juni 2004 oleh 5 kementerian yaitu Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Departemen Pendidikan Nasional. Sayangnya kembali pada sistem birokrasi di indonesia yang mungkin terlalu banyak kepentingan, jadi gerakan ini tidak berjalan mulus. Bahkan tahun 2011 mendiknas melakukan penandatanganan kerjasama dengan microsoft, jelas hal ini sangat tidak sinkron dengan program IGOS yang pernah dideklarasikan sebelumnya oleh Departemen Pendidikan Nasional.

Sudah selayaknya dunia pendidikan mengajarkan sesuatu yang benar kepada anak-anak didiknya, bukan mengajarkan untuk menggunakan software-software bajakan. Castra Open Source Community (COSC) mengembangkan sistem operasi yang yang diberi nama CastraLinux OS (Operating System). CastraLinux OS sendiri merupakan turunan dari distro linux yang sangat populer, yaitu Ubuntu. Ubuntu bebas dikembangkan menjadi distro-distro linux baru tanpa melanggar hak cipta.

berikut ini adalah vidio Preview dari CastraLinux OS :




Untuk mengikuti perkembangan dari CastraLinux OS bisa melalui:
Site: CastraLinux.Blogspot.com
FaceBook: facebook.com/castralinuxos
twitter: twitter.com/castralinuxos


CastraLinux OS, Sistem Operasi Kebanggaan SMA N 1 Pati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Posting Komentar