Membaca Partisi Linux di Windows dengan Linux Reader

Membaca partisi windows di linux bukan masalah bagi sistem operasi yang powerfull seperti linux. Tetapi jika sebaliknya, membaca partisi linux di windows, secara default hal ini tidak bisa dilakukan oleh sistem operasi buatan microsoft tersebut. Diperlukan software tambahan untuk membaca partisi linux di windows. Salah satunya menggunakan Linux Reader.
Linux Reader merupakan software yang dikembangkan oleh DiskInternals Research, yaitu perusahaan yang berlokasi di Seattle, Amerika Serikat yang mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk recovery data. Kebanyakan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan ini adalah aplikasi berbayar, tetapi untuk Linux Reader berlisensi freeware alias gratis.
Tampilan Linux Reader
Tampilan Linux Reader
Linux Reader mempunyai kemampuan untuk membaca file sistem Ext2/Ext3/Ext4, HFS dan ReiserFS. Yang menjadi kelebihan, atau mungkin kelemahan dari Linux Reader adalah program ini bersifat Read-Only, hanya bisa membaca file di partisi linux, tidak diperkenankan untuk mengedit atau merubah isi file di partisi linux. Kalau ingin mengubah file dari partisi linux, disediakan fasilitas untuk mengkopi file tersebut di partisi windows terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar file-file di linux tetap terjaga keamanannya. Di sisi lain itu merupakan suatu kelebihan, tapi di lain sisi juga menjadi kelemahan, karena kita tidak bisa langsung menginstall aplikasi yang masternya berada di partisi linux. Untuk file-file gambar disediakan preview dari file-file gambar tersebut.

-->
 DOWNLOAD LINUX READER FOR FREE

Membaca Partisi Linux di Windows dengan Linux Reader Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Poskan Komentar