Peta Topografi Online Pegunungan Muria

Belajar topografi sekarang lebih mudah, dengan banyaknya teknologi yang berkembang saat ini. Kalau dulu harus naik turun gunung untuk mengamati kondisi di lapangan, sekarang bisa menggunakan google earth dsb yang memiliki tampilan 3 Dimensi. Dulu ketika pertama kali belajar topografi, saya masih menggunakan peta buatan zaman belanda. Karena entah di fotokopi berapa kali, garis kontur sudah tidak terlihat lagi, sangat sulit membayangkan kumpulan garis itu menjadi wujud 3 dimensi.
  Apa sih yang dimaksud dengan Peta Topografi?? Menurut wikipedia pengertian Peta topografi adalah jenis peta yang ditandai dengan skala besar dan detail, biasanya menggunakan garis kontur dalam pemetaan modern. Sebuah peta topografi biasanya terdiri dari dua atau lebih peta yang tergabung untuk membentuk keseluruhan peta. Sebuah garis kontur merupakan kombinasi dari dua segmen garis yang berhubungan namun tidak berpotongan, ini merupakan titik elevasi pada peta topografi.
Sekarang ini banyak yang menyediakan peta topografi online, salah satunya dari opencyclemap.org .Berikut ini tampilan dari peta topografi yang sudah saya arahkan ke pegunungan muria. Kalau membuka situsnya langsung kita harus mencari dulu dimana letak pegunungan muria. 


atau bisa ke situsnya langsung untuk tampilan lebih lebar www.opencyclemap.org

Di pojok kanan atas juga disediakan tool untuk mengubah layer, disediakan 3 pilihan OpenCycleMap, Transport dan Landscape. OpenCycleMap merupakan tampilan umum dari peta topografi, sedangkan Landscape tampilan peta menjadi lebih 3 dimensi dengan lekukan-lekukan antara lembah dan bukit terlihat lebih jelas. Sedangkan tampilan layer Transport hanya peta jalan yang diperlihatkan. Di pojok kiri atas disediakan juga fasilitas untuk memperbesar dan memperkecil gambar, serta menggeser letak gambar. Jarak interval antar garis kontur adalah 10 meter, jadi tiap garis mewakili ketinggian dengan interval 10 meter. untuk memudahkan disediakan keterangan angka ketinggian setiap 50 meter. Di beberapa gunung, salah satunya jalur pendakian gunung merapi, sudah ada plot jalur pendakian.
Selamat belajar navigasi menggunakan peta topografi online, semoga lebih memudahkan kita dalam mempelajari peta topografi.

-->

Peta Topografi Online Pegunungan Muria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Posting Komentar