Tips merawat printer infus

Printer dengan sistem infus merupakan modifikasi printer dengan tabung tinta, sehingga tinta bisa mengalir terus tanpa perlu disuntik. Dengan sistem infus, maka akan menghemat biasa pembelian catridge atau tinta original. Tidak perlu repot-repot mengisi tinta dengan menyuntik tinta dan akhirnya menyebabkan  tangan belepotan karena tinta. Akan tetapi, printer infus jika tidak dirawat dengan benar maka akan timbul banyak permasalahan yang malah akan merepotkan kita. berikut ini kami sajikan tips supaya printer infus lebih awet dan tahan lama:

Tips merawat printer infus:
  1. Agar catridge/head printer tidak mampet, usahakan minimal 1 hari digunakan untuk mencetak semua warna
  2. Lakukan isi ulang tinta saat tinta sudah mencapai 1/4 botol, dengan cara buka tutup botol besar dan kecil kemudian masukkan tinta melalui lubang botol besar. setelah selesai tutup kembali kedua lubang botol dengan rapat.
  3. Jika mencetak dalam jumlah banyak, usahakan printer diistirahatkan dulu setelah mencetak 30 lembar, untuk mencetak foto atau gambar silahkan sesuaikan jumlah jeda cetak, untuk mencegah head terlalu panas
  4. Letakan botol infus sejajar dengan printer dan gunakan double tape agar dapat diminimalisir   botol tidak mudah terlepas. resiko tinta tumpah dan mengotori meja maupun dokumen-dokumen .
  5. Pada saat akan menggunakan printer, tutup kecil pada tabung infus sebaiknya dibuka dulu agar udara bisa masuk, sehingga tinta bisa mengalir dengan lancar.
  6. Pada waktu printer tidak digunakan, maka tutup botol kecil dan besar pada tabung infus harus tertutup rapat, hal ini untuk menghindari tinta banjir dan mengkibatkan catridge/head mengalami konslet
  7. Gunakan merek tinta yang sama tiap kali isi ulang, karena tiap tinta berbeda tingkat kekentalan dan komposisi bahan kimia di dalamnya. Dan usahakan membeli tinta berkualitas baik walau agak sedikit mahal harganya, tetapi kedepannya justru akan menghemat biaya penggantian head/cartridge yang tentunya lebih mahal. 
  8. Jika selang infus masuk angin atau ingin menstabilkan warna tinta setelah melakukan isi ulang, maka gunakan perintah Head Cleaning pada pengaturan printer dan jangan meninggikan botol infus karena akan menyebabkan tinta banjir dan konslet pada catridge/head.
  9. Setelah selesai menggunakan printer, matikan dan cabut kabel printer dari stop kontak agar power supply printer tidak cepat rusak.
  10. Untuk printer merk Epson, apabila catridge warna (merah, kuning, biru) tidak terbaca maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik dalam keadaan USB terlepas.

-->
Demikian beberapa tips untuk merawat printer infus. semoga bermanfaat.
Tips merawat printer infus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto
Usaha Ini mengatakan...

gann tanya donkk..
kalo warna ngga keluar pas lagi di print di print tu kenapa ya??
harus gimana???

thanks...
Usahaini.com Healthy Shop

agus armanto mengatakan...

solusi awal bisa menggunkan fasilitas head cleaning, atau kalau masih belum bisa, rendam head dengan cairan head cleaner atau air panas..kalau cara itu belum bisa ada kemungkinan cartridge/head rusak

Posting Komentar