Cek DSLR Shutter Count dengan Opanda IExif

Apa itu Shutter Count? Shutter Count menunjukan berapa kali kamera kita digunakan untuk mengambil gambar, atau secara teknis berapa kali Shutter Release/Tombol Rana di pencet. Shutter sendiri ada batas penggunaannya, setelah berapa kali jepretan, maka kemampuannya akan menurun, dan jika sudah mencapai batas maka shutter tidak bisa digunakan lagi. Kalau shutter rusak, tentunya kamera kita juga tidak bisa digunakan, dan harus dilakukan pergantian shutter supaya kamera kita berfungsi kembali. Terutama jika kita membeli kamera bekas, ada baiknya mengetahui berapa shutter count dari kamera tersebut, karena jika baru sebentar saja dipakai sudah harus mengganti shutter,  tentunya akan menambah biaya pengeluaran kita.
Untuk mengetahui Shutter Count dari kamera DSLR, digunakan software yang dapat menampilkan metadata sebuah foto, salah satunya kita menggunakan Opanda IExif, yang bisa diunduh secara gratis.
  1. Bukalah Program Opanda IExif, 
  2. Klik Open, dan cari foto yang terakhir kita ambil (jangan yang sudah diedit dengan program lain)
  3. Akan tampil bayak informasi dari metadata foto tersebut, baik kapan foto itu diambil, menggunakan kamera apa, diafragma, ISO, shutter speed yang digunakan dll
  4. Klik untuk memperbesar
  5. Carilah "Total Number of Shutter Releases for Camera" seperti yang ditunjukan gambar. Disitu terlihat angka 56176, berarti kamera tersebut sudah digunakan untuk mengambil gambar sebanyak 56.176 kali

-->

Cek DSLR Shutter Count dengan Opanda IExif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto
juhari natsir mengatakan...

Kalau keterangan total numberx tdk klihatan gmna gan? Cara munculinx gmna? Sya sdah cek .. Tpi ket. Itu gak ada.. Mohon bantuanx..

juhari natsir mengatakan...

Kalau keterangan total numberx tdk klihatan gmna gan? Cara munculinx gmna? Sya sdah cek .. Tpi ket. Itu gak ada.. Mohon bantuanx..

Bang Jonai Techno mengatakan...

Sekedar sharing gan Cara Cek Shuter Count DSLR Canon

Poskan Komentar