Kopi File dari Xiaomi ke komputer via Wifi

Xiaomi merupakan vendor smartphone dari Tiongkok yang menggunakan sistem operasi berbasis android. Xiaomi telah mengembangkan Desktop Interface sendiri yang diberi nama MIUI. MIUI merupakan kepanjangan dari Mi User Interface, di mana kata “Mi” sendiri mengacu pada nama dari produsen Xiaomi. Kelebihan dari MIUI adalah user interface yang simple, mudah, serta tampilan yang elegan namun ringan (tidak banyak memakan memori). Ada banyak sekali bentuk tampilan MIUI yang memanjakan pengguna dan bisa di pilih sesuai selera.
Salah satu fasilitas dari MIUI yaitu transfer File ke komputer melalui aplikasi Explorer bawaan Xiaomi. Dalam hal ini aplikasi explorer bawaan Xiaomi telah dilengkapi FTP server. FTP sendiri merupakan kepanjangan dari File Transfer Protocol. Sebuah protokol dalam dunia jaringan komputer yang digunakan untuk pengiriman berkas. Jadi secara gampangnya, Smartphone kita bertindak sebagai FTP server dan komputer sebagai FTP client (menggunakan Windows Explorer).
Sebelum kita lanjut ke tutorial cara kopi File dari Smartphone Xiaomi ke komputer via jaringan Wifi, ada syarat khusus yang harus dipenuhi, yaitu smartphone dan komputer/laptop kita harus terkoneksi dalam satu jaringan wifi. 
  • Setelah smartphone dan komputer sudah berada dalam satu jaringan, buka aplikasi Explorer bawaan dari Xiaomi.  Kemudian Klik tombol FTP seperti yang ditunjukkan oleh panah di bawah ini.
Kopi File dari Xiaomi ke komputer via Wifi
Tampilan Explorer bawaan Xiaomi
  • Setelah tombol FTP kita klik maka tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini
Kopi File dari Xiaomi ke komputer via Wifi
Tampilan Tombol untuk mengaktifkan FTP server
Klik Mulai server untuk mengaktifkan FTP server. Setelah itu tampilan akan berubah seperti ini:

Kopi File dari Xiaomi ke komputer via Wifi
Tampilan FTP server sudah Aktif dam Alamat FTP server
  • Akan muncul alamat dari FTP server smartphone Xiaomi. Dalam hal ini Smartphone Xiaomi yang berfungsi sebagai FTP server sudah siap.
  • Selanjutnya kita beralih ke Komputer/Laptop, bukalah Windows Explorer 
Kopi File dari Xiaomi ke komputer via Wifi

Ketik Alamat yang muncul pada tampilan FTP server, contoh ftp://192.168.3.165:2121

Keterangan:
ftp = protokol yang digunakan untuk mengirim file
//192.168.3.165 = alamat IP dari Smartphone
2121: Port FTP yang digunakan

Setelah berhasil akan muncul tampilan folder xiaomi. Selanjutnya kita dapat melakukan operasi kopi paste dan sebagainya di windows explorer. Akan tetapi untuk gambar tidak bisa langsung ditampilkan previewnya.
Demikian tutorial cara Kopi File dari Xiaomi ke komputer via Wifi, semoga bermanfaat.
Kopi File dari Xiaomi ke komputer via Wifi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto
tresno mengatakan...

Good article bro, ¢Astra jayaswara masih aktif kah

Poskan Komentar