Cara Mudah Mengetahui Keaslian Foto Profil di Facebook

Artikel ini saya buat, karena beberapa hari yang lalu ada teman saya yang tertipu oleh akun facebook yang menggunakan profil picture palsu. Kemudahan dalam kopi paste dan download gambar dari internet, mempermudah para penipu untuk mengambil gambar di internet dan menjadikan gambar itu sebagai identitas mereka. Kali ini kita akan memanfaatkan fasilitas pencarian gambar dari search engine google untuk mengetahui foto tersebut benar-benar milik akun tersebut atau tidak.

Selain pencarian menggunakan text, kata atau kalimat, google juga menyediakan fasilitas pencarian dengan menggunakan gambar. Jadi dengan mengunggah file gambar atau menempelkan alamat link gambar tertentu, maka google akan mencari gambar yang sama atau mirip dengan gambar tersebut. Tapi kali ini kita akan menggunakan cara yang lebih simpel untuk pencarian gambar di google. Berikut ini langkah-langkahnya

  •  Klik kanan Foto dari profil Facebook yang akan kita cari, pilih Search Google for this image
Cara Mengetahui Keaslian Foto Profil di  Facebook

  • Pada pencarian google ternyata banyak sekali foto serupa dari situs yang berbeda-beda
Cara Mengetahui Keaslian Foto Profil di  Facebook


Demikian cara mengetahui keaslian foto dari profil facebook seseorang. akan tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menganalisa:
  1. cek foto lain dari akun tersebut, apakah ada banyak foto dengan wajah yang sama dalam pose yang berbeda-beda. Jika foto cuma satu atau sedikit, patut dicurigai. Akan tetapi jika foto dengan wajah yang sama dalam pose yang berbeda-beda banyak, bisa jadi akun tersebut pemilik foto asli yang ternyata dikopi paste di banyak situs.
  2. cek juga interaksi dengan teman-teman dari akun tersebut
  3. cek hasil pencarian google, dan analisa gambar-gambar yang ditemukan pada situs-situs yang berbeda

Cara Mudah Mengetahui Keaslian Foto Profil di Facebook Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Poskan Komentar