Cara Upgrade Firmware Kamera DSLR Nikon

Cara Upgrade Firmware Kamera DSLR Nikon
Upgrade fimware kamera kadang dibutuhkan untuk mendapatkan fasilitas baru ataupun performance yang lebih baik. Selain keperluan diatas bisa juga untuk memperbaiki jika terjadi error pada kamera. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengupgrade firmware DSLR Nikon. Kamera yang akan kita gunakan untuk percobaan kali ini adalah Nikon D5200. Untuk tipe-tipe lain sepertinya juga tidak jauh beda caranya.

Oke, yang pertama kita lihat dulu versi firmware bawaan kamera yang akan kita upgrade. Karena jika versi firmware bawaan kamera kita sudah versi terbaru saya rasa tidak perlu melakukan upgrade. Karena kegagalan upgrade bisa saja menyebabkan kegagalan fungsi kamera. berikut ini cara melihat versi firmware bawaan kamera.

Cara Melihat versi firmware nikon :


  1. Hidupkan kamera.
  2. Tekan tombol MENU kamera dan pilih setup menu (icon kunci pas) dan pilih  firmware version  untuk menampilkan versi firmware kamera.
  3. Periksa versi firmware kamera.
  4. Pastikan versi firmware yang di download lebih baru dari versi bawaan kamera untuk melakukan upgrade.

Firmware bawaan kamera nikon yang akan kita gunakan untuk percobaan adalah versi c 1.02, sementara versi yang terbaru adalah versi c 1.03. Berikut ini perubahan yang ada pada versi c 1.03:

Perubahan dari Firmware “C” Versi 1.02 ke 1.03


  • Mengurangi noise (garis horisontal) dalam film yang disyuting dengan 1280×720; 60p atau 1280×720; 50p terpilih bagi Uk. bingk./kecepatan bingk..
  • Memperbaiki masalah pada kamera yang membeku saat opsi bersihkan sensor gambar digunakan.
Setelah kita pastikan bahwa firmware yang akan kita upgrade lebih baru versinya, berikutnya adalah langkah-langkah cara upgrade firmware Nikon, dengan bahan percobaan nikon D5200.

Cara Upgrade Firmware Kamera DSLR Nikon

  1. Buat sebuah folder pada hard disk komputer dan beri nama sesuai keinginan.
  2. Download firmware (untuk nikon D5200 nama file "F-D5200-V103W.exe") dan simpan pada folder yang sudah dibuat pada Langkah 1.
  3. Jalankan F-D5200-V103W.exe untuk mengurai file berikut ini ke folder bernama “D5200Update”: D5200_0103.bin (yaitu firmware kamera)
  4. Dengan menggunakan slot kartu atau pembaca kartu, salin “D5200_0103.bin” ke kartu memori yang telah diformat di dalam kamera.
  5. Masukkan kartu memori ke dalam kamera dan hidupkan kamera.
  6. Pilih Versi firmware di menu persiapan dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan pembaruan firmware.
  7. Setelah pembaruan selesai, matikan kamera dan keluarkan kartu memori.
  8. Pastikan bahwa firmware telah diperbarui ke versi barunya.
Demikian cara upgrade firmware nikon, semoga bermanfaat

Download firmware Nikon terbaru
Cara Upgrade Firmware Kamera DSLR Nikon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Posting Komentar