Celtx, Alternatif Software untuk Menulis Skenario Pengganti Final Draft

Salah satu software untuk menulis skenario yang populer adalah final draft, dimana banyak para profesional menggunakan software ini. Akan tetapi final draft merupakan aplikasi yang berbayar, jadi kita harus merogoh kocek untuk membeli lisensinya. Alternatif pengganti dari final draft adalah Celtx, dimana tersedia versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis saya rasa sudah cukup untuk keperluan menulis skenario, daripada harus menggunakan microsoft word dan harus mengatur format penulisan secara manual.

Dalam penulisan skenario terdapat beberapa aturan baku, yaitu Jenis Font Courier New, Ukuran/size 12 dan spasi menggunakan 1 spasi. Dengan format tersebut maka bisa diperkirakan satu halaman skenario sama dengan satu menit durasi film. Jadi kalau 60 halaman berarti 60 menit atau satu jam. Selain berpengaruh untuk perkiraan durasi film, aturan standart penulisan skenario juga memudahkan orang-orang yang berbeda di seluruh dunia untuk memahami skenario yang kita buat. Dengan menggunakan software penulisan skenario, seperti celtx dan sebagainya, kita tidak perlu repot-repot mengatur format penulisan secara manual. Semuanya sudah tersedia otomatis untuk memudahkan menulis skenario.

Celtx merupakan alternatif software pengganti final draft yang dapat diunduh secara gratis. Salah satu kelebihan dari celtx adalah bisa dikolaborasikan secara online. Jadi satu naskah skenario yang kita buat bisa diedit secara bersama-sama secara online walaupun kita berada di tempat, kota atau negara yang berbeda di bagian bumi manapun. Tentunya syaratnya harus ada koneksi internet :D . Dengan fasilitas tersebut akan sangat membantu jika dalam menulis skenario secara teamwork, dan tim tersebut terpisah jarak dan tempat yang berbeda.

Selain versi windows, Celtx juga tersedia untuk android dan iOS. Dengan menggunakan smartphone baik android ataupun iOS kita bisa menulis skenario di mana saja dan kapan saja. Jadi lebih  flexible dibanding harus membawa laptop atau komputer yang ukurannya besar dan kurang praktis. Saat ide muncul kita bisa langsung menulisnya di smartphone menggunakan aplikasi celtx. Jadi idenya tidak keburu hilang!!

Anda dapat menginstall celx versi android melalui Play Store dan iOS di App Store. Untuk mengunduh Celtx versi windows silahkan menuju link di bawah ini :

Sampai artikel ini ditulis versi paling baru adalah versi 2.9.7 anda dapat mendownload langsung di : 


Jika ada versi yang lebih baru silahkan menuju link di bawah ini :









Celtx, Alternatif Software untuk Menulis Skenario Pengganti Final Draft Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Posting Komentar