Cara Cek Pembayaran Iuran BPJS

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan sebuah inovasi asuransi kesehatan bagi masyarakat. Disini menggunakan konsep gotong-royong dan sedekah, dimana dana yang terkumpul dari anggota BPJS terutama dari dana iuran BPJS dari peserta yang membayar iuran digunakan untuk subsidi mereka yang sakit.
Mungkin ada beberapa ulama yang menganggap BPJS ini haram hukuman. Tetapi bagi saya, saya membayar iuaran BPJS tetapi tidak berharap menggunakan fasilitas dari BPJS. Mana ada seh orang yang berharap sakit. Semewah-mewahnya menginap di rumah sakit, lebih enak menginap di rumah atau di dalam tenda di pinggir pantai :). Jadi iuran tersebut saya anggap itung-itung sedekah.

Saya berpikiran seandainya ada akun khusus bagi peserta BPJS untuk bisa melihat data pembayaran BPJS dan informasi tentang riwayat kesehatan, tentunya akan lebih keren lagi. Tapi untuk saat ini belum tersedia, semoga kedepan website BPJS bisa mewujudkan hal tersebut. Kalau untuk dokter seh sudah ada akun khusus, dimana tinggal memasukkan data nomor kartu BPJS, sudah tersedia data pasien, termasuk riwayat kesehatan. Itupun kalau dokter rajin memasukkan data riwayat pasien. Kadang pula untuk akses fasilitas tersebut kadang lambat, mungkin karena servernya yang belum mumpuni dan koneksi internet yang masih belum memadai.



Saat ini website resmi BPJS menyediakan fasilitas untuk mengecek data pembayaran/iuran peserta BPJS. Walaupun data yang ditampilkan tidak detail, akan tetapi sangat bermanfaat untuk mengetahui data pembayaran kita, terutama data pembayaran terakhir dan tunggakan yang harus kita bayar. Siapa tau karena kesalahan teknis, data pembayaran kita tidak masuk, jadi kita bisa mengeceknya melalui fasilitas ini. Selain melalui website kita juga bisa menggunakan fasilitas SMS GATEWAY untuk mengecek data iuran BPJS dengan mengirimkan SMS ke 087775500400 dengan format TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN. 
Walaupun sampai saat ini saya belum pernah berhasil menggunakan fasilitas ini :D . Mungkin kedepan akan lebih stabil fasilitas SMS GATEWAY ini. Seperti dulu kalau menggunakan fasilitas website data tidak langsung masuk setelah pembayaran, tetapi saat ini setelah selesai membayar, saya cek data di website BPJS data sudah langsung masuk. 

Langkah untuk Cek Iuran Pembayaran BPJS :

  1. Buka website BPJS, kemudian pada sidebar sebelah kiri pilih Cek Iuran BPJS. Atau bisa juga langsung ke alama ini => Cek Iuran BPJS
  2. Setelah itu isi formulir yang ada, dari mulai nomor kartu BPJS, Tanggal lahir (sesuai kartu dan tertera di kartu) Serta angka validasi
  3. Setelah itu klik tombol cek, maka akan tampil informasi mengenai pembayaran iuran BPJS
Cara Cek Iuaran/pembayaran BPJS
Tampilan Fasilitas Cek Iuran BPJS
Penjelasan informasi data iuran BPJS :
  • Pada informasi tersebut bukan hanya data peserta yang nomornya kita inputkan, tetapi data seluruh anggota keluarga yang terdaftar.
  • Pada Kolom Tagihan berisi berapa nominal yang harus kita bayar. dalam contoh diatas, berarti 80 x 3 bulan = 240.000(karena 3 bulan yang belum dibayar). Jika bulan tersebut sudah lunas maka nominal tagihan ini adalah "0".
  • Total tagihan adalah tagihan yang harus dibayar ditambah denda jika ada keterlambatan
  • Tanggal pembayaran terakhir adalah tanggal pembayaran terakhir yang kita lakukan sebelumnya
  • Nominal Pembayaran adalah jumlah pembayaran terakhir yang kita lakukan sebelumnya

Cara Cek Pembayaran Iuran BPJS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Poskan Komentar