Cara Cek Lisensi (Hak Cipta) lagu / musik di Youtube dengan Youtube Music Policies

Cara cek hak cipta, lisensi lagu youtube
Youtube merupakan salah satu penyedia layanan video terbesar di dunia. Semua orang bebas mengupload video tanpa dibatasi kuota. Akan tetapi youtube juga ketat dalam hal menyangkut hak cipta suatu karya. Baik itu video, gambar maupun audio. Algoritma youtube mampu mendeteksi mana gambar, video dan audio yang melakukan plagiat.

Salah satu yang sering terkena banned dari youtube adalah karena menggunakan audio yang memiliki Lisensi (Hak Cipta) yang sudah di daftarkan di youtube. Akibatnya ada peringatan hak cipta dari youtube pada akun kita. Masalahnya kadang kita tidak tahu audio mana yang memiliki hak cipta. Atau kadang kita merekam video sementara tidak sengaja ada audio musik komersil yang terekam saat pengambilan gambar. 

Youtube sendiri sekarang sudah menyediakan fasilitas untuk mengecek audio lagu/musik mana yang memiliki hak cipta, dan apa saja hak cipta yang diberikan pada audio tersebut. Fasilitas ini bernama Youtube Music Policies atau dalam bahasa indonesia disebut kebijakan Musik Youtube. Untuk menggunakan fasilitas ini anda bisa membuka langsung link:
  • Youtube Music Policies 
  • atau jika anda sudah masuk pada youtube audio library, anda bisa memilih menu kebijakan musik (music policies) yang terletak di kiri bawah.
Cara Cek Lisensi (Hak Cipta) lagu / musik di Youtube dengan Youtube Music Policies
Tampilan Youtube Music Policies

Keterangan Penggunaan Youtube Music Policies :

  • Pada kolom pencarian di kanan atas, anda bisa memasukkan judul lagu atau band apa yang akan dicari informasi penggunaan lagunya.
  • Setelah ketemu dan sesuai dengan lagu yang kita cari, klik pada judul lagu tersebut, maka informasi tentang kebijakan penggunaan lagu tersebut akan muncul
Contoh : 
  • Jika Anda menggunakan lagu ini
    Pemutaran
    Dapat ditonton di mana saja kecuali di 2 negara 
    Monetisasi
    Anda tidak dapat memonetisasi video 
    Jika Anda membawakan kembali lagu ini
    Pemutaran
    Dapat ditonton di seluruh dunia
    Monetisasi
    Berhak mendapatkan bagi hasil 

Pada keterangan di atas ada 2 opsi :

Jika anda menggunakan lagu ini ( menggunakan rekaman audio asli dari pemilik hak cipta musik tersebut)

  • Pemutaran disebutkan ada 2 negara yang tidak dapat memutar lagu tersebut, jika di klik pada icon   maka muncul keterangan :  Video Anda tidak dapat ditonton di 2 negara: Jerman, Swiss.
  • Monetasi : Tertulis anda tidak dapat memonetisasi video, jika di klik icon  maka muncul keterangan : Pemilik hak cipta atas lagu ini kemungkinan akan memonetisasi video Anda, sehingga iklan akan muncul. Ini berarti pemilik hak cipta membolehkan anda menggunakan musiknya pada video anda dengan syarat iklan yang dimonetisasi oleh pemilik hak cipta muncul pada video anda. Dan anda tidak mendapat bagi hasil atau penghasilan dari penayangan iklan di video yang anda upload.

Jika anda membawakan kembali lagu ini ( anda merekam kembali audio dari lagu tersebut yang anda mainkan atau bawakan sendiri)

  • Pemutaran Dapat ditonton di seluruh dunia. Ini berarti tidak batasan negara tertentu dalam penayangan video anda
  • Monetasi Berhak mendapatkan bagi hasil. Ini berarti anda bisa memonetisasi video dengan lagu tersebut yang sudah anda bawakan sendiri dengan sistem bagi hasil. Jadi pendapatan dari iklan yang muncul di video tersebut akan dibagi antara anda dan pemilik hak cipta lagu tersebut.
Tetapi anda juga tetap harus berhati-hati, karena pemilik hak cipta bisa saja mengubah lisensi dan kebijakan penggunaan lagu mereka sewaktu-waktu. Seperti pengalaman teman saya dulu, ketika menggunakan lagu yang lisensinya gratis, akan tetapi seiring berjalannya waktu lisensi itu berubah, sehingga video tersebut di blokir. 


Kalau dulu belum ada fasilitas menghapus lagu dari youtube, tentunya hal ini akan mengancam akun kita. Beruntung saat ini sudah ada fasilitas menghapus lagu dari youtube, jadi anda bisa menghapus lagu yang memiliki hak cipta tersebut dengan fasilitas video editor youtube.
Cara Cek Lisensi (Hak Cipta) lagu / musik di Youtube dengan Youtube Music Policies Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Poskan Komentar