Cara Mudah Mengetahui Kekuatan Sinyal Operator pada HP Android

Sinyal merupakan hal yang penting dalam mendukung sarana komunikasi. Handphone sebagus apapun jika sinyalnya lemah juga tentunya akan mengganggu kenyamanan kita dalam berkomunikasi. Terkadang di tempat-tempat tertentu sinyal HP  kurang maksimal, hal ini menyebabkan saat digunakan untuk menelpon biasanya suara putus-putus. Dalam satu rumah pun biasanya kekuatan sinyal akan berbeda pada tiap ruangan. Untuk keperluan komunikasi menggunakan telpon tentunya kita butuh sinyal yang memadahi agar suara tidak putus-putus. Sementara display sinyal yang ada pada tampilan depan smartphone hanya menunjukkan bar sinyal berbentuk batang, jadi kurang akurat untuk mengetahui kekuatan sinyal.

Kekuatan sinyal itu sendiri bisa dipengaruhi oleh seberapa jauh jarak dengan pemancar (BTS) serta halangan yang bisa mempengaruhi kekuatan sinyal, seperti bangunan beton, pohon2 atau perbukitan. Untuk mengetahui kekuatan sinyal secara lebih akurat pada HP Android, kita tidak perlu menambah software lagi, cukup menggunakan fasilitas bawaan smartphone android. Caranya adalah :
  1. Masuk menu Setting,
  2. lalu pilih About Phone (Tentang Ponsel)
  3. kemudian pilih Status
  4. Pilih  Status Kartu SIM, maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini
  5. Pada Kekuatan sinyal menunjukan -91 dBm 11 asu (angka dBm semakin rendah maka kekuatan sinyal akan semakin bagus, jadi -71 dBm lebih baik dari -91 dBm). Untuk ASU (Arbitrary Strength Unit), angka semakin besar kekuatan sinyal semakin bagus.
Rumus yang digunakan untuk menghitung kekuatan sinyal dalam dBm adalah 
dBm = 2 × ASU - 113 
(ASU dalam angka 0..31 dan 99 (untuk sinal yang tidak diketahui atau tidak terdeteksi).
dalam contoh pada gambar diatas dBm=2 x 11 - 113= -91 dBm

Setelah kita tau cara mengetahui kekuatan sinyal, maka kita bisa memetakan lokasi mana saja yang kekuatan sinyalnya paling bagus, sehingga saat kita butuh menelpon kita tahu lokasi mana yang paling bagus sinyalnya.
Cara Mudah Mengetahui Kekuatan Sinyal Operator pada HP Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Posting Komentar