Download Musik, Lagu dan Audio Berlisensi Gratis dengan Youtube Audio Library

Youtube sangat ketat dalam hal hak cipta (lisensi) musik. Algoritma youtube secara otomatis mendeteksi setiap musik yang digunakan untuk video yang diunggah di youtube. Ketika kita menggunakan musik, lagu atau audio yang memiliki hak cipta (berlisensi) maka akan ada peringatan hak cipta pada akun youtube kita. 

Kalau dulu saya pernah kena klaim hak cipta karena belum tau tentang kebijakan ini, dan dampaknya akun youtube saya tidak bisa dimonetisasi. Selain itu yang tadinya bisa upload video durasi lebih dari 15 menit menjadi maksimal 15 menit. Sudah saya cari kesana kemari solusi untuk menghilangkan blokir ini ternyata memang belum ada solusi untuk saat itu. Sampai kemudian ada fasilitas baru dari youtube untuk menghapus audio. Akhirnya iseng-iseng mencoba fasilitas ini dan berhasil menghapus klaim hak cipta atas akun youtube saya. Sebagai informasi, menghapus video yang sudah terkena hak cipta tidak akan mengubah blacklist akun. 

Untuk saat ini klaim hak cipta di youtube agak lebih ringan dari dulu. Kalau dulu bisa langsung memblokir akun, tetapi sekarang ada kebijakan untuk berbagi hasil atau video yang menggunakan lagu komersil dimonetisasi oleh pemilik hak cipta. Hal ini sepertinya juga menguntungkan bagi pemilik hak cipta, sehingga pemilik hak cipta bisa mendapat penghasilan dari monetisasi lagu yang dipakai pada video youtube. Kalau video tersebut dimonetisasi oleh pemilik hak cipta, video tersebut akan menampilkan iklan dari pemilik hak cipta, dan kita tidak mendapatkan penghasilan dari monetisasi iklan pada video tersebut. Dan itu tidak mempengaruhi claim hak cipta pada akun kita. Ada juga pemilik hak cipta yang membolehkan lagunya digunakan dengan berbagi penghasilan iklan.

Cara mencari lagu berlisensi (hak cipta) gratis di youtube audio library :

  1. Buka youtube audio library/ Pustaka Audio Youtube
    Download Musik, lagu dan audio Lisensi Gratis dengan Youtube Audio Library
    Tampilan Youtube Audio Library
  2. Di sebelah kanan ada fasilitas pencari untuk mencari lagu yang kita inginkan. Pada list lagu hasil pencarian terdapat judul lagu, pemain, genre, suasana hati dan durasi. Jadi kita bisa memfilter lagu sesuai nuansa video yang kita inginkan
  3. Untuk memainkan klik pada lagu tersebut, disitu juga ada keterangan tentang hak cipta dan kebijakan penggunaan lagu tersebut
  4. Untuk mendownload lagu tersebut klik icon download yang ada di samping kanan daftar lagu tersebut
Selain musik, youtube audio library juga menyediakan efek suara yang kadang kita butuhkan untuk melengkapi film atau video yang kita buat. Beberapa efek seperti hujan, air terjun, halilintar, letusan dan masih banyak lagi bisa kita dapatkan disini.

Perlu digaris bawahi, bahwa lisensi (hak cipta) dan kebijakan penggunaan lagu tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pemilik hak cipta dari lagu tersebut. Lebih amannya memang jika kita punya kemampuan dalam bermusik, kita isi lagu dalam vidio kita dengan karya orisinil buatan kita sendiri. Demikian informasi mengenai cara mendapatkan Musik, lagu dan audio Lisensi Gratis dengan Youtube Audio Library. Semoga bermanfaat!!
Download Musik, Lagu dan Audio Berlisensi Gratis dengan Youtube Audio Library Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Posting Komentar