Kumpulan Situs Download Musik, BackSound, Soundtrack Lisensi Gratis

Situs Download Musik, Back Sound, Soundtrack Lisensi Gratis
Bagi seorang video editor, akan sering berurusan dengan musik, backsound dan soundtrack untuk melengkapi dan menambah nuansa tertentu video yang dibuat. Dengan keberadaan musik, backsound dan soundtrack tertentu akan bisa membawa orang yang menonton video atau film yang kita buat terbawa pada suasana yang kita inginkan. Jika salah menerapkan musik, backsound atau soundtrack maka nuansa yang kita inginkan dari video atau film itu juga akan berubah. Misalnya cerita sedih, jika diisi dengan musik rock dengan beat tinggi, tentunya suasana sedih itu tidak bisa didapat dari video yang kita buat.

Saat ini banyak sekali situs untuk menyimpan dan mempublikasikan video secara online. Akan tetapi beberapa situs tersebut seperti youtube dan vimeo memiliki kebijakan ketat dalam penggunaan hak cipta. Kalau kita menggunakan musik, backsound atau soundtrack yang memiliki lisensi atau hak cipta maka video kita akan dihapus atau dibisukan. Yang lebih parah lagi akun kita akan diblacklist oleh penyedia layanan video tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menggunakan musik berlisensi gratis agar kita aman dari blacklist terhadap video yang kita buat. Beberapa situs menyediakan musik, backsound dan soundtrack berlisensi gratis untuk digunakan pada video kita.



Situs Penyedia Musik, Backsound dan Soundtrack Berlisensi Gratis :

1. BenSound

BenSound.com merupakan situs penyedia music berlisensi gratis. Kita bisa mendownload dan menggunakan musik yang ada di situs ini, syaratnya kita harus menyertakan credit pada video kita yag kita buat. Kita bisa menggunakannya pada video yang diupload di youtube dengan menyertakan credit berupa link ke situs BenSound pada deskripsi video. Contoh penggunaan credit : "Musik: http://www.bensound.com/royalty-free-music or "Music: Judul Lagu - Bensound.com". Selain musik gratis, situs ini juga menyediakan musik berlisensi atau kita harus membayar untuk menggunakan musik tersebut pada video kita. Versi musik gratisnya pun sudah keren-keren kok!! apalagi yang berbayar!! :D

2. Youtube Audio Library

Sekarang youtube juga sudah menyediakan fasilitas untuk mendownload musik dan menggunakannya pada video kita, namanya youtube Audio Library. Ini salah satu favorit  yang sering saya gunakan saat ini. Pada Youtube audio library sudah tersedia informasi mengenai hak cipta/ lisensi dari lagu tersebut. Selain itu kita bisa memfilter berdasarkan durasi, genre suasana hati dan alat musik apa yang digunakan. Untuk lebih detail tentang youtube audio library bisa dilihat di artikel saya sebelumnya "Download Musik, Lagu dan Audio Berlisensi Gratis dengan Youtube Audio Library" 

3. Di evantile

Di Evantile juga merupakan penyedia backsound musik keren-keren yang bisa di download gratis. Kelebihan dari situs ini sudah ada informasi mengenai nuansa lagu tersebut. Misal : cinematic, epic, action, full orchestra, foreboding, middle tempo. Jadi kita bia dengan mudah memilih musik sesuai dengan nuansa film yang kita buat. Kita juga bisa mendengarkan (preview) musik tersebut sebelum kita download. Akan tetapi De Avantile tidak meyediakan keterangan detail tentang lisensi musiknya, Jadi pengalaman saya saat video saya unggah di youtube, ternyata pemilik hak cipta memonetisasi music tersebut. Jadi saat video kita diputar maka tampil iklan yang sudah dimonetisasi oleh pemilik hak cipta. Dampaknya kita tidak bisa memonetisasi video yang kita buat menggunakan lagu di situs ini. 

4. Freesoundtrackmusic.com

Semua musik pada situs ini bisa digunakan bebas dengan lisensi gratis dalam film, video game, video YouTube atau produksi multimedia digital lainnya. Musik atau lagu yang memiliki label  "FREE" dapat digunakan tanpa dikenai biaya lisensi asalkan komposer dan URL (alamat web) dari situs web ini disertakan dalam "kredit" dari produksi video atau film kita seperti yang dijelaskan dalam persyaratan lisensi . TMusik atau lagu yang berstatus  "1 credit" dilisensikan melalui pembelian download kredit.
Catatan: Musik yang diunduh dari situs ini tidak boleh digunakan sebagai bagian dari produksi audio saja, atau dijual atau dipublikasikan terpisah dari video, film atau multimedia produksi Anda tanpa otorisasi dari komposer lagu ini.

5. Freemusicarchive.org

Freemusicarchive.org menyediakan berbagai musik dengan lisensi gratis. Kita bisa memilih berdasarkan genre musik, seperti Blues, Classical, Country, Electronic, Experimental, Folk, Jazz, Old-Time/Historic, Pop, Rock Soul-RnB atau Spoken. Untuk mendownload musik pada situs ini, harap diperhatikan keterangan lisensi pada musik atau lagu tersebut. 

Demikian beberapa situs penyedia Musik, BackSound atau Soundtrack berlisensi gratis atau bebas dari klaim hak cipta untuk bisa digunakan pada video atau film yang kita produksi. Jika ada tambahan lagi saya akan mengupdate artikel ini.


Kumpulan Situs Download Musik, BackSound, Soundtrack Lisensi Gratis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto
Inge Himalia mengatakan...

mas itu ga usah pake link active kan pas Music: Judul Lagu - Bensound.com ?

agus armanto mengatakan...

gak usah gak papa

Poskan Komentar