Zorin OS, Rekomendasi Distro Linux Mirip Windows untuk Pemula

Zorin OS merupakan distro linux yang sangat powerfull dan mudah digunakan. Salah satu penyebab pengguna komputer terutama di Indonesia sangat susah diajak migrasi ke sistem operasi linux adalah karena kebanyakan sudah terbiasa dengan sistem operasi windows sejak pertama kali belajar. Mereka enggan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Hal ini mungkin disebabkan juga oleh sistem pendidikan kita yang cenderung lebih nyaman sebagai pengguna, minim untuk bereksperimen menciptakan hal-hal baru. Dan kebanyakan para pengguna linux yang saya kenal mereka cenderung lebih kreatif dan senang mencoba hal-hal baru.

Dari perilaku pengguna seperti diatas, maka kebanyakan para pembuat distro linux sengaja menciptakan tampilan linux yang mirip dengan sistem operasi windows. Hal ini ditujukan agar para pemula yang sedang bermigrasi ke linux mudah untuk beradaptasi. Salah satu distro linux yang mengadaptasi konsep ini adalah zorin OS. Distro linux ini secara tampilan mirip windows, user interfacenya pun mudah. Dan menurut saya sebenarnya tampilannya lebih bagus dari windows dengan resource memori yang lebih kecil. Beberapa tahun yang lalu saya juga menggunakan Zorin OS untuk membuat Distro baru bernama CastraLinux OS. Dengan berbagai pertimbangan, terutama support driver bawaannya yang lebih banyak dibanding  ubuntu.

Kelebihan dan Fasilitas yang ada pada Zorin OS

Lebih Cepat, Stabil dan Aman dari Virus

Seperti sistem operasi linux pada umumnya, kinerja Zorin OS juga lebih cepat dan stabil dibanding Sistem Operasi Windows. Dengan tampilan Grafis yang lebih keren, Linux membutuhkan Resource memori yang lebih kecil dibanding Windows. Soal keamanan terhadap serangan virus, Linux tidak diragukan lagi. Dengan adanya hak akses tertentu pada linux maka setiap aplikasi yang dijalankan harus memiliki izin akses. Jadi setiap menginstall program baru maka  kita diminta untuk memasukkan password root (user administrator pada linux). Virus windows juga tidak bisa berjalan di sistem operasi linux, dan virus pada sistem operasi windows jumlahnya lebih banyak dibanding linux. Dari pengalaman saya sendiri, sampai saat ini belum pernah menemui atau mengalami sistem operasi linux yang saya gunakan atau teman-teman di sekitar saya terkena virus.

Zorin Look Changer

Tampilan Windows 7 pada Zorin OS
Tampilan Windows 7 pada Zorin OS
Zorin look changer merupakan fasilitas yang tersedia di Zorin OS untuk memudahkan para penggunanya mengubah tampilan dekstop menjadi seperti Windows 7, Windows XP, Windows 2000, Unity, Mac OS X atau GNOME 2. Zorin OS Core (versi gratis) hanya menyediakan antarmuka Windows 7, Windows XP dan GNOME 2 sedangkan Premium Edition menyediakan semua antarmuka di atas.


Sudah Include Driver dan Software untuk kebutuhan Office dan Grafis

Dengan ukuran file iso yang sekitar 1,5 Gb, Zorin OS sudah include berbagai aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari baik office grafis dan banyak lagi untuk memudahkan para penggunanya sehingga saat selesai instalasi Zorin OS langsung bisa digunakan. Selain itu Zorin OS jug sudah include banyak driver. Hal ini memudahkan kita, terutama yang tidak ada koneksi internet. Dengan tersedianya banyak driver maka proses instalasi menjadi lebih cepat. Hal ini sangat berguna saat menginstall Zorin OS di banyak komputer seperti laboratorium komputer dll. 

Zorin Web Browser Manager

Zorin OS sudah tersedia browser mozilla firefox, tetapi untuk memudahkan pengguna menginstall browser lain Zorin OS menyediakan tool Zorin Web Browser Manager. Jadi sekali klik, kita bisa menambah web browser lain, seperti google chrome. opera, midori dll. Dibutuhkan koneksi internet untuk instalasi browser menggunakan fasilitas ini.


Zorin Theme Changer

Dengan Zorin Theme Changer, memudahkan para penggunanya untuk mengubah tema sesuai yang diinginkan.

Sudah Tersedia Aplikasi WINE dan PlayOnLinux

Kadang kita masih membutuhkan beberapa aplikasi windows yang tidak tersedia di linux. WINE dan PlayOnLinux merupakan aplikasi untuk menjalankan dan menginstall program windows pada sistem operasi Linux. Beberapa software yang pernah saya install dan berhasil dijalankan dalah Office 2007, Corel Draw 12, Photoshop 8 dan aplikasi yang bersifat portable kebanyakan bisa dijalankan.

Tampilan Efek 3 Dimensi yang Keren

Tampilan efek pada linux lebih keren dibanding windows.
Tampilan Desktop Cube pada Zorin OS
Tampilan Desktop Cube pada Zorin OS

Tampilan WIndows Switcher pada Zorin OS
Tampilan WIndows Switcher pada Zorin OS

Zorin OS, Rekomendasi Distro Linux Mirip Windows untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto
Whandy BRC#011 mengatakan...

mantapp jiwa gan, saya sudah intsal dan hasilnya sangat memuaskan dan ramah lingkungan haha :D

Posting Komentar