Cara Update/Upgrade Firmware Xiaomi Yi ke Versi Terbaru

Xiaomi yi merupakan action cam buatan xiaomi yang cukup terjangkau harganya dengan kualitas yang lumayan bagus. Saat pertama kali buka bungkus, saya langung mengupgrade firmware xiaomi yi dengan yang terbaru. 

Kenapa update/upgrade firmare diperlukana? Update/upgrade firmware diperlukan untuk mendapat pembaruan fasilitas atau kemampuan baru yang dikembangkan oleh vendor device tersebut. Vendor terus mengembangkan firmware terbaru untuk meminimalisir bug atau kelemahan dari perangkan tersebut. Dengan adanya firmware terbaru, perangkat kita akan lebih stabil untuk digunakan. Selain itu update firmare diperlukan untuk mengatasi kerusakan tertentu pada perangkat xiomi yi. 

Untuk update yang kedua kali, saya lakukan karena xiomi yi saya tidak bisa dikonekkan dengan smartphone, selain itu wifi pada xiomi yi tidak bisa dimatikan. Setelah saya update semua masalah itu bisa teratasi. Oke langsung saja ke bagaimana cara update/upgrade firmware xiomi yi.

Peralatan yang dibutuhkan :

  1. micro SD card
  2. Card Reader
  3. PC atau laptop
  4. Firmware Xiaomi Yi terbaru

Langkah untuk mengupdate/upgrade firmware xiaomi yi :

  1. Download firrmware terbaru di situs resmi xiaomi yi http://www.xiaoyi.com/update/sports
  2. Setelah anda membuka situs halaman dowload firmware xiaomi yi, maka akan ada pilihan select SN number. SN number bisa dilihat di bagian dalam xiaomi yi, dengan mencopot baterai terlebih dahulu.
    Cara Update/Upgrade Firmware Xiaomi Yi
  3. Sebagai contoh, pada SN xiaomi yi saya bertuliskan SN: Z23A603S2574360  
    Pilihan list yang ada di dropdown menu website tersebut adalah:
    22
    22L
    23
    23A
    3L
    23S
    Jadi dalam hal ini saya harus memilih 23A pada menu dropdown list Select SN Number.
  4. Setelah SN number sudah kita pilih, lalu klik Get firmware version, maka akan muncul menu untuk mendowload firmware tersebut
  5. Kopi file yang kita download ke direktori root pada SD card kita, lalu ganti namanya menjadi firmware.bin
  6. Masukkan microSD card ke kamera xioami yi, lalu nyalakan kamera. Jika proses upgrade firmware berjalan, maka camera akan mengeluarkan suara beep beberapa kali. Setelah proses selesai maka kamera akan mati sendiri. 
  7. Pastikan baterai kamera xiomi yi anda minimal 50 %. Hal ini untuk mencegah kehabisan baterai pada waktu proses update frmaware,yang bisa berakibat pada kerusakan perangkat xiomi yi. Pernah saya coba dalam kondisi baterai kurang dari 50% proses update firmware tidak bisa jalan. 
  8. Setelah proses update berhasil maka file firmware.bin yang kita kopikan ke microSD card tadi otomatis terhapus. Jadi kita tidak perlu menghapus secara manual. Bisa dibayangkan jika file tersebut tidak terhapus secara otomatis, maka setiap kita menyalakan xiomi yi maka proses update akan terus berjalan.

Selain menggunakan cara diatas, upgrade bisa juga langsung dilakukan melalui apilkasi android xiaomi yi pada android dengan terekoneksi internet secara langasung. Tentunya jika xiomi yi kita dalam kondisi normal dan bisa terkoneksi ke smartphone. Tetapi untuk mengatasi xiomi yi yang trouble maka perlu digunakan cara manula seperti diatas
Cara Update/Upgrade Firmware Xiaomi Yi ke Versi Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto
debbykevin84 mengatakan...

Kak aku gabisa di download i, dwnldnya pke hp apa laptop

agus armanto mengatakan...

pakai HP bisa, lebih mudah pakai laptop

Widya Qhassdina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar