Download SpeedFan, Software Monitoring Suhu Processor

Download SpeedFan, Software Monitoring Suhu Procesor
SpeedFan merupakan software untuk mengetahui atau memonitor suhu processor. Selain suhu processor speedFan juga bisa digunakan untuk mengetahui suhu harddisk serta putaran kipas pendingin. Sangat penting mengetahui apakah suhu processor terlalu panas atau tidak. Pada suhu tertentu (biasanya 100 derajat celcius) maka sistem pada komputer akan otomatis mati. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada processor atau komponen lainnya karena suhu yang terlalu panas.

Jadi jika komputer atau laptop anda tiba-tiba mati saat digunakan, terutama saat membuka aplikasi berat seperti game atau desain grafis yang membutuhkan kinerja tinggi, ada kemungkinan karena suhu processor terlalu panas dan sistem komputer secara otomatis mati sendiri. Salah satu indikasi dari permasalahan ini adalah laptop jika dipegang terasa panas.

Untuk keperluan tersebut diatas, maka software semacam SpeedFan ini sangat diperlukan untuk mendeteksi apakah benar permasalahan yang terjadi karena panas atau kipas pendingin yang mati. Jika kipas pendingin yang mati maka di keterangan GPU Fan tidak ada angka yang menunjukan berapa RPM putarannya.

Tampilan SpeedFan
Tampilan SpeedFan
SpeedFan bekerja dengan mengakses info pada chip pemonitor hardware yang tertanam pada motherboard. Pada beberapa hardwarae tertentu, bahkan speedFan bisa digunakan untuk mengatur clock speed pada processor. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengatur kecepatan perputaran kipas pendingin. Misalnya kita ingin memperlambat putaran kipas supaya tidak bising, atau mempercepat putaran kipas supaya suhu perangkat komputer yang kita gunakan menjadi lebih dingin. SpeedFan bisa digunakan pada sistem operasi Windows 9x, ME, NT, 2000, 2003, XP, Vista, Windows 7, 2008, Windows 8, Windows 10 dan Windows Server 2012. Dan juga bisa digunakan pada Windows 64 bit.

Download SpeedFan, Software Monitoring Suhu Processor


Download SpeedFan, Software Monitoring Suhu Processor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Posting Komentar