Mengatasi IDM error (tidak berfungsi) pada Google Chrome

IDM (Internet Download Manager) merupakan program download akselerator yang sangat powerfull. Bisa diintegrasikan dengan beberapa browser dengan menambah plugin yang otomatis terinstall saat menginstall IDM. Akan tetapi beberapa kasus pada google chrome IDM tidak dapat berfungsi. Hal ini disebabkan karena plugin rusak atau google chrome di update ke seri terbaru, sementara IDM masih pada seri lama, sehingga tidak kompatible. 

Indikasi dari permasalahan ini adalah jika kita lihat pada menu ekstensi (extention) pada google chrome maka akan kita temui ekstensi IDM berwarna abu-abu dan muncul tulisan berwarna merah "This extension may have been corrupted" seperti pada gambar di bawah ini.
This extension may have been corrupted
This extension may have been corrupted
Untuk mengatasi IDM error pada Google Chrome langsung saja ikuti langkah-langah berikut:
  1. Download seri terbaru IDM dan update IDM yang tersinstall ke seri terbaru
  2. Remove ekstensi IDM dari google chrome
  3. Kemudian buka windows explorer, masuk ke folder dimana IDM tersinstall C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager (untuk windows 64 bit) atau C:\Program Files\Internet Download Manager (untuk windows 32 bit)
  4. Cari file IDMGCExt.crx, setelah ketemu drag file tersebut ke halaman ekstensi google chrome yang telah kita buka sebelumnya
  5. Lalu akan muncul jendela pop up, kemudian klik tambahkan ekstensi
  6. Pada langkah ini ekstensi IDM masih terlihat abu-abu, anda harus mengklik repair untuk memperbaiki ekstensi
  7. Jika berhasil maka warna ekstensi IDM tidak abu-abu lagi alias berwarna, dan IDM anda sudah bisa digunakan kembali secara normal pada google chrome.
Demikian cara mengatasi IDM error atau tidak berfungsi pada google chrome. Semoga bermanfaat!!

Mengatasi IDM error (tidak berfungsi) pada Google Chrome Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto
Naufal Dz mengatakan...

gk bisa dipencet repairnya :(

agus armanto mengatakan...

Hapus dulu extension IDMnya di google chrome...lalu update IDM ke seri terbaru,kemudian ganti extensi IDM dengan yang baru via drag dari program file

Poskan Komentar