Mengatasi "Microsoft Excel cannot open or save any more documents because there is not enough available memory or disk space"

Mengatasi "Microsoft Excel cannot open or save any more documents because there is not enough available memory or disk space"
Saat mencoba membuka file excel yang diunduh dari email, file tidak bisa dibuka dan muncul pesan error "Microsoft Excel cannot open or save any more documents because there is not enough available memory or disk space". Permasalahan ini saya temukan pada sebuah komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 dan Office 2016. 

Mengetahui permasalahan tersebut, langsung saya cek sisa hard disk di setiap drive, ternyata space kosong yang tersedia masih banyak. Saya cek sisa RAM yang tersedia di task manager juga masih mencukupi. Setelah itu saya mencoba membuka file excel lain yang sudah ada di komputer tersebut, ternyata bisa dan normal. Hanya file tersebut yang tidak bisa dibuka. Saya coba membuka di komputer lain yang menggunakan sistem operasi windows 7 dan office 2007, ternyata bisa. Kesimpulan sementara, berarti kemungkinan ada permasalahan pada program aplikasi office atau sistem perasi windows tersebut

Detail Pesan errror saat membuka file excel tersebut:

"Microsoft Excel cannot open or save any more documents because there is not enough available memory or disk space.

. To make more memory available, close workbooks or programs you no longer need.
. To free disk space, delete files you no longer need from the disk you are saving to."

Mengatasi "Microsoft Excel cannot open or save any more documents because there is not enough available memory or disk space"
Tampilan Pesan Error Saat Membuka File Excel
Setelah itu saya klik kanan => Properties pada file tersebut, dan hasilnya seperti ini gambar di bawah ini.
Microsoft Excel cannot open or save any more documents because there is not enough available memory or disk space
Ada tulisan Security. This File Came from another computer and might be blocked to help proted this computer. Lalu di sampingnya ada tombol Unblock. Saya mencoba kli tombol Unblock tersebut dan klik OK untuk menyimpan perubahan dan menutup jendela properties. Lalu saya membuka kembali file excel tersebut. Aha....ternyata file tersebut bisa dibuka secara normal!!! Misi Berhasil!!!

Masih penasaran, saya coba membuka properties dari file lain, ternyata tidak ada tombol unblock dan keterangan security seperti diatas. Melihat dari keterangan pesan yang ada di properties  "This File Came from another computer and might be blocked to help proted this computer" dapat ditarik kesimpulan bahwa file tersebut datang dari komputer lain dan sistem mencoba memblokir demi keamanan komputer tersebut. Bisa juga ini merupakan bug dari Aplikasi Office seri terbaru. Semakin, baru versi software, keamanan pengguna semakin ditingkatkan. Akan tetapi tingkat keamanan biasanya berbanding terbalik dengan kenyamanan dan kemudahan. Seperti contohnya jika pintu pagar rumah kita ingin lebih aman, salah satu caranya adalah dengan memberi gembok lebih dari satu. Tentunya gembok yang lebih banyak akan menyulitkan pencuri untuk membobol pintu pagar kita. Disisi lain kita juga akan ribet karena membutuhkan waktu dan tenaga lebih untuk membuka gembok yang jumlahnya banyak.

Mengatasi "Microsoft Excel cannot open or save any more documents because there is not enough available memory or disk space" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto

Poskan Komentar