Cara Mudah Flashing Firmware Oppo Neo 3 R831K tanpa PC

Cara Mudah Flashing Firmware Oppo Neo 3 R831K tanpa PC
Beberapa waktu yang lalu Smartphone teman saya mengalami masalah, muncul tulisan error "Maaf OPPO Launcher telah berhenti". Saat di klik tombol OK keterangan berganti "Maaf, proses "android.proses.media"telah berhenti". Begitu seterusnya, keterangan error tersebut muncul bergantian saat di tekan tombol OK. Satu-satunya cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan flashing ulang firmware. Lebih bagus jika lagi di upgrade ke firmware versi terbaru, dimana semakin baru firmware maka akan lebih stabil karena firmware  baru tentunya memperbaiki kelemahan-kelemahan firmware sebelumnya. Permasalahan serupa seperti ini juga pernah saya temukan di smartphone merk lain, dan satu-satunya cara adalah dengan menginstall ulang firmware smartphone tersebut. Kalau beruntung mungkin dengan factory reset sudah bisa mengatasi permasalahan tersebut.

tampilan error pada Oppo Neo 3 R831K
tampilan error pada Oppo Neo 3 R831K

Berbeda dengan sistem operasi pada PC (windows,linux, macOS, dll) dimana kalau install ulang menggunakan satu file instalasi bisa digunakan berbagai macam perangkat yang berbeda, untuk smarthone maka setiap tipe mempunyai firmware khusus. Jadi fimware untuk tipe smartphone tipe X tidak bisa digunakan untuk tipe lainnya, walaupun masih dalam satu merk. Install ulang firmware selain untuk mengatasi permasalahan diatas juga bisa mengatasi permasalahan bootloop (hanya tampil logo smatphone dan tidak bisa masuk menu atau saat masuk menu restart terus dan tidak mau masuk). Untuk flashing ulang bisa menggunakan PC/komputer atau langsung lewat HP/Smatphone. Kali ini saya akan membahas cara flashing firmware OppoNeo 3 R831K menggunakan cara langsung dari HP. Untuk cara ini dibutuhkan micro SD card untuk mengkopi firmware tersebut sebagai source saat install firmware.

Langkah Flashing Ulang Firmware Oppo Neo 3 R831K tanpa PC (langsung dari HP)


  1. Download firmware Oppo Neo 3 R831K . Untuk mendapatkan firmware seri terbaru, bisa juga melalui situs download resmi OPPO di http://www.oppo.com/id/downloads/  lalu cari tipe OPPO Neo 3. Untuk memastikan firmware yang kita unduh benar, pastikan nama file mengandung R831K untuk seri Neo 3 R831K, misal: http://downloads.oppo.com.s3.amazonaws.com/firmware/R831K/R831K_11.A.17_OTA_INT_017_all_151229.zip
  2. Copykan file hasil donwload tersebut yang berekstensi ZIP ke Micro SD card, bisa menggunakan card reader atau kabel data.
  3. Masukkan micro SD card yang sudah terisi firmware tadi ke slot micro SD di Smartphone OPPO Neo 3 yang akan kita flash ulang
  4. Dalam keadaan mati, nyalakan HP dengan menekan tombol Power + Volume Down untuk menuju recovery mode (pastikan baterai terisi 50% lebih untuk mencegah mati saat proses flashing)
  5. Jika berhasil masuk ke recovery mode, maka akan tampil pilihan bahasa, pilih bahasa inggris saja, karena pilihan lain menggunakan huruf china
  6. Selanjutnya pilih Wipe Data and cache terlebih dahulu, tunggu hingga proses selesai
    Tampilan Recoveri Menu  Oppo Neo 3 R831K
    Tampilan Recoveri Menu  Oppo Neo 3 R831K
  7. Kemudian pada tampilan OPPO RECOVERY pilih Install from sd, pilih lokasi file di eksternal SD card, dalam contoh ini nama file R831K_11.A.17_OTA_INT_017_all_151229.zip .
    Proses Flashing Firmware Oppo Neo 3 R831K
    Proses Flashing Firmware Oppo Neo 3 R831K
  8. Setelah berhasil maka akan muncul keterangan Instalation Successful, kemudian pilih reboot
    Tampilan Flashing Firmware Oppo Neo 3 R831K berhasil
    Tampilan Flashing Firmware Oppo Neo 3 R831K berhasil
  9. Selanjutnya tampilan Oppo Neo 3 anda akan seperti HP baru saat pertama kali kita membuka bungkus, anda harus login kembali dengan akun google untuk mengembalikan data-data yang pernah di sinkronisasi dan menginstall kembali aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan
CATATAN PENTING!!
  1. Jika ada file atau data yang tersimpan di internal memori sebaiknya dipindah dulu ke eksternal memori, karena data di internal memori akan di format saat proses flashing. Untuk mengkopi data dari internal memori bisa menggunkan kabel data yang dicolokkan ke PC / komputer.
  2. Pastikan kapasitas baterai lebih dari 50% saat proses flashing, hal ini untuk mencegah HP mati saat proses flashing. Karena jika saat proses flashing sedang berjalan dan HP mati bisa mengakibatkan kerusakan firmware.
Demikian tutorial cara flashing ulang atau upgrade firmware Oppo Neo 3 R831K langsung dari smartphone. Dengan cara ini akan lebih mudah san simple dibanding dengan cara flshing menggunakan komputer.
Cara Mudah Flashing Firmware Oppo Neo 3 R831K tanpa PC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus armanto
dhayupri agung mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dhayupri agung mengatakan...

filenya tidak bisa dipindahkan ke sdcard menggunakan PC.
tolong solusinya

agus armanto mengatakan...

pakai card reader gan..harusnya bisa

Elfan rusdianto mengatakan...

Knp waktu file di wipe gagal terus

Poskan Komentar