Rabu, 01 Agustus 2018

KineMaster, Rekomendasi Aplikasi Editing Video Android Terbaik

kinemaster logo
Kali ini saya akan membahas tentang KineMaster sebagai aplikasi editing video android terbaik berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi Kinemaster tersebut. Sebelumnya saya akan bercerita kenapa tertarik dengan aplikasi editing video di HP. Pada awalnya saya ragu menggunakan aplikasi editing video di handphone android, pastinya ribet dan kurang powerfull dibanding aplikasi editing video di desktop PC. Karena beberapa teman membuat dan mengedit video dengan handphone, saya akhirnya penasaran dan mencoba mencari tau tentang aplikasi editing video di Handphone android. 

Berikut ini kelebihan mengedit video menggunakan android:

  1. Lebih praktis dan flexible karena kita bisa mengedit video di mana saja, kapan saja, sambil tiduran atau sambil ngopi di warung juga bisa. Hal ini berbeda jika menggunakan PC atau HP, butuh ruang dan tempat khusus untuk mengedit.
  2. Video bisa diproduksi dengan cepat, hal ini sangat bermanfaat etika butuh video berita atau promosi yang up to date. Saya biasa membuat video instagram langsung editing dari HP sehingga video itu sudah bisa di upload saat acara/ event masih berlangsung.
  3. Proses render lebih cepat di banding dengan menggunakan PC, yang sangat mengherankan proses render di HP android bisa lebih cepat di banding menggunakan laptop standar, beda halnya dengan PC/laptop spek dewa ya!!. Kemungkinan memang karena format vide versi HP lebih ringan di banding dengan format video dari kamera DSLR/Mirroless. Untuk kinemaster tidak bisa support format video .mov..harus di convert ke MP4 versi HP

Kelebihan Kinemaster sebagai aplikasi video editing terbaik :

  1. Tampilan user interface yang simpel namun powerfull, 
  2. Layer, bisa menambahkan lebih dari satu layer baik video, gambar, tulisan atau audio
  3. Tersedia fitur chroma key
  4. Memiliki fitur color filter dan color adjustment
  5. Fitur Speed Control, mengatur kecepatan video
  6. Volume Envelope, untuk menaik turunkan sound atau musik
  7. Audio Filter, berbagai filter audio keren tersedia
  8. Voice, dengan vitur ini bisa membuat narasi video/ voice over langsung dari aplikasi kinemaster
  9. Transisi, memiliki fitur transisi yang keren baik yang gratis atau berbayar
  10. Bisa langsung Share video di Youtube, Facebook, Instagram, Google Plus, Dropbox
Selain kelebihan-kelebihan diatas tentunya ada beberapa kekurangan dan keterbatasan dalam aplikasi editing video Kinemaster ini

Kekurangan Kinemaster :

  1. Pada versi free ada watermark
  2. Pada versi Free hanya support sampai resolusi video 720
  3. Belum ada fitur stabilizer
  4. kurang nyaman untuk mengedit video dengan banyak layer
  5. belum support video format potrait, sementara aplikasi power director sudah support format video potrait (video potrait sangat cocok sekali diterapkan di instagram)
Demikian sekilah pembahasan tentang aplikasi editing video android Kinemaster. Setiap aplikasi tentu ada kelebihan dan kekurangannya, dengan melihat perbandingan diatas semoga bisa membantu untuk menentukan aplikasi editor video apa yang anda gunakan.


EmoticonEmoticon