Kamis, 11 Oktober 2018

Rename Banyak Ekstensi File Sekaligus tanpa Tambahan Software

Tags

Kadang kala kita membutuhkan untuk mengubah ekstensi file dimana jumlah file yang akan kita ubah ekstensinya banyak sekali. Perubahan nama ekstensi file bisa terjadi karena banyak hal, bisa disebabkan oleh aplikasi tertentu ataupun virus yang mengubah ekstensi file, menyembunyikannya dan mengganti file asli dengan file virus yang seolah-olah serupa dengan file asli. Atau bisa juga pada kasus recovery ekstensi file berubah menjadi (.chk). Jika file cuma sedikit, kita bisa merubah satu-satu secara manual, tetapi jika jumlah filenya banyak tentu akan merepotkan jika harus mengubah ekstensi file satu-persatu secara manual.
Untuk mengubah ekstensi banyak file sekaligus bisa juga menggunakan software tertentu, namun kali ini akan kita membahas cara merename banyak ekstensi file menggunakan fasilitas bawaan dari windows (tanpa software tambahan).


Cara Rename banyak ekstensi file sekaligus menggunakan fasilitas bawaan windows:

  • Buka windows explorer, lalu masuk ke folder dimana file yang akan kita rename disimpan (semua file harus dalam satu folder).
  • Pada praktek kali ini saya menggunakan nama folder percobaan. yang terletak di C:\Users\Armant\Pictures\percobaan. Klik kanan pada folder tersebut sambil menekan tombol Shift, lalu pilih menu open Command Windows here. Dengan cara ini maka kita bisa langsung membuka path/direktori command prompt tepat pada folder yang kita inginkan. Untuk windows 10 update terbaru gunaan cara ini Tips Membuka Command Prompt di Windows 10 langsung dari Windows Explorer Folder
  • Selain cara diatas, bisa juga menggunakan cara manual dengan membuka command promp (tombol windows + R pada keyboard, ketik cmd lalu tekan enter). Lalu masuk ke direktori yang kita inginkan dengan perintah "cd nama folder" (cd merupakan perintah untuk change directory)


Setelah itu ketik perintah 
ren[spasi]*.(ekstensi yang akan diubah)[spasi]*.(ekstensi yang diinginkan)

contoh
ren *.chk *.jpg

Penjelasan: 
-  ren merupakan perintak untuk rename, 
- tanda * berarti perintah ditujukan untuk semua nama file

Jika perintah yang kita ketik berhasil maka ekstensi file berubah sesuai dengan yang kita inginkan. Demikian pembahasan tentang cara mengubah nama ekstensi banyak file sekaligus tanpa menggunakan software tambahan atau menggunakan fasilitas windows explorer dan command prompt bawaan windows.



EmoticonEmoticon