Rabu, 05 Desember 2018

Kdenlive, Sofware Editing Video Gratis Terbaik di Linux

Linux merupakan sistem operasi alternative pengganti Windows yang cukup powerfull, stabil dan dengan tingkat keamanan yang cukup baik. Ada berbagai macam pilihan distro linux yang bisa digunakan seperti ubuntu, debian, elementaryOS, Zorin OS, linux Mint dll. Pengguna bisa memilih sendiri distro linux sesuai selera dan kebutuhan. 

Akan tetapi untuk pengguna yang bisa menggunakan software tertentu yang cuma support di sistem operasi windows, kadang enggan untuk beralih ke linux. Terutama dalam hal ini untuk software editing video gratis di linux, memang belum ada yang se powerfull software editing video di windows seperti adobe premiere, sony vegas dll.

Belum lama ini saya tertarik kembali untuk bereksperimen dengan software editing video di linux. Dan kali ini pilihan saya jatuh ke Kdenlive, software editing video berlisensi gratis yang dibuat oleh komunitas yang sama yang mengembangkan KDE (salah satu desktop environment di linux). Software editing video di linux sendiri ada banyak, seperti pitivi, openshot, Cinelerra, blender, avidemux dll. Tapi menurut saya Kdenlive lebih baik dari alternative software video editing gratis yang saya sebutkan sebelumnya. Ada juga yang berpendapat Kdenlive mirip sony vegas. Lalu apa saja kelebihan dari Kdnlive live?
Tampilan user interface kdenlive
Tampilan user interface kdenlive

Kelebihan Kdelive (software editing gratis terbaik di linux)

  1. Memiliki multitrack editing yang tidak terbatas. Dengan fasilitas track yang tidak terbatas kia bisa berkreasi dengan lebih leluasa. karena beberapa software editing gratis memiliki track yang terbatas. Track ini bisa konsepnya mirip layer pada software editing photoshop.
  2. Memiliki fasilitas untuk memisahkan audio dan video dari klip di beberapa trek. Jadi kita bisa memisahkan 1 file video yang memiliki audio menjadi track yang terpisah antara audio dan video.
  3. Non-blocking rendering, Jadi dengan software ini, pada saat proses render kita bisa tetap mengerjakan proses editing secara bersamaan.
  4. Kemudahan dalam membuat Efek dan transisi, dan kita bahkan dapat membuat beberapa wipe transisi kita sendiri
  5. User interface yang sederhana untuk mempermudah pembuatan klip warna, klip teks, dan klip gambar
  6. Memiliki fasilitas untuk membuatan slideshow otomatis dari direktori gambar, dengan transisi crossfade di antara gambar
  7. Keyboard Shortcut untuk mempercepat kinerja editing dan tata letak antarmuka yang dapat dikonfigurasi sesuai keinginan kita
  8. Mendukung banyak format video
  9. Tidak dibatasi ukuran resolusi video saat render. Beberapa software editing video gratis seperti Lightworks membatasi ukuran resolusi render hanya sampai ukuran 720p. Pada Kdenlive tidak ada batasan untuk resolusi render.
  10. Selain versi linux, juga tersedia versi windows dan mac OSX
  11. Memiliki fitur Automatic backup. File proyek kita dicadangkan secara otomatis setiap beberapa menit, dan versi file proyek yang lebih lama juga disimpan jika kita perlu mengembalikan ke versi sebelumnya. Hal ini sangat penting ketika komputer tiba-tiba mati atau crash.
  12. Memiliki fitur proxy, dengan fitur ini Kdenlive secara otomatis membuat file baru dengan resolusi yang lebih rendah sehingga lebih ringan saat editing. Ini sangat berguna untuk editing di komputer dengan spesifikasi yang kurang tinggi.
  13. Mendukung gren screen/blue screen editing
  14. Yang tidak kalah penting, Kdenlive memiliki fitur color correction yang sangat berguna untuk color gradding dan fitur LUTs untuk color gradding dengan file luts yang sudah ada.
  15. Yang terakhir dan paling istimewa karena software ini gratis dan dengan ukuran yang cuma sekitar 100 MB ternyata memiliki fitur yang sangat powerfull
Nah banyak juga ya kelebihan Kdenlive yang saya tulis!! Selain kelebihan-kelebihan dari Kdenlive rasanya kurang lengkap jika tidak membahas tentang kekurangan dari software ini.

Kekurangan Kdenlive

  1. Tutorial yang berbahasa indonesia masih sedikit, tidak sebanyak adobe premiere dan sony vegas
  2. Pada versi windows berdasarkan pengalaman saya untuk versi saat ini masih belum stabil dan sering crash.
Sekian dulu pembahasan saya tentang Kdenlive sebagai software video editing terbaik di linux versi penulis. Tidak ada salahnya kita membiasakan menggunakan software editing video gratis dan legal. Di samping kemudahan dalam instalasi, tentunya lebih aman dari virus dibanding software berbayar yang dimodifikasi agar bisa digunakan gratis full version yang kita tidak tau apakah disusupi virus atau tidak di dalamnya. Sekian dan terima kasih. Jika ada pertanyaan silahkan disampaikan pada kolom komentar.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon