Rabu, 05 Desember 2018

Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error E16 (the following ink may have run out)

Tags

Printer Canon Pixma MP287 merupakan printer multifungsi yang banyak digemari karena selain untuk mencetak dokumen, bisa juga digunakan sebagai mesin fotokopi mini dan untuk scan dokumen. Dengan harga ekonomis dibanding printer multifungsi keluaran epson yang harganya bisa 2 kali lipat atau tiga kali lipat, maka printer ini jadi idola karena tidak menguras kantong dalam pembeliannya. Printer ini menggunakan cartridge PG 810 (hitam) dan CL 811 (warna), sama seperti yang digunakan pada printer ip 2770.

Beberapa hari yang lalu, adik teman saya datang jauh-jauh dari luar kota hanya untuk mengatasi masalah pada printer MP287 ini. Dan yang sebenarnya masalah tersebut sangat mudah untuk diperbaiki sendiri jika cukup cermat membaca tampilan error popup windows. Pada saat error keterangan kode error pada LCD printer menunjukan  E16 dan pada windows muncul tampilan seperti ini:
Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error E16

The following ink may have run out.
Black
The function for detecting the remaining ink
level will be disabled since the ink level
cannot be correctly detected.
If you want to continue printing without this
function, press the printer's Stop/Reset button
for at least 5 seconds.
Canon recommends to use new genuine
Canon cartridges in order to obtain optimum
qualities.
Please be advised that Canon shall not be
liable for any malfunction or trouble caused
by continuation of printing under the ink out
condition.

secara garis besar keterangan pada popup windows diatas menjelaskan bahwa printer mendeteksi tinta habis. untuk tetap melanjutkan proses mencetak kita diminta untuk menekan tombol Stop reset selama kurang lebih 5 detik. 

Jika masih belum berhasil bisa menggunakan kombinasi tombol stop/reset bersamaan dengan tombol Start (Black) selama 5-15 detik. Tunggu sampai cartridge berhenti bergerak dan kode error pada lcd printer menghilang (atau berubah menjadi angka 1)

Ok, mudah bukan cara mengatasi printer canon MP287 dengan kode error E16 (the following ink may have run out). Sebenarnya peringat error ini sering terjadi pada beberapa printer canon, dan bukan masalah yang serius. Biasanya terjadi untuk printer canon yang menggunakan sistem infus atau cartridgenya disuntik ulang menggunakan tinta pihak ketiga. Jadi walaupun sebenarnya tintanya masih belum habis, tetapi sistem pada printer mendeteksi bahwa tintanya sudah habis. Kalau dari canon sendiri sebenarnya cartridge ini di desain bukan untuk diisi ulang tinta, tetapi jika tinta habis maka ganti cartridge. Pengalaman teman saya yang kerja di perusahaan asing memang kalau tinta habis ganti cartridge, kadang cartridge bekasnya bisa dijual kembali oleh teman saya itu :D


EmoticonEmoticon