Menjadikan HP Android Sebagai barcode scanner di PC (Komputer)

Terinspirasi oleh aplikasi Primary Care BPJS yang digunakan oleh Dokter dan para petugas kesehatan, yang ternyata kebanyakan masih menggunakan cara manual (mengetik dengan keyboard) untuk input  nomor kartu peserta BPJS. Maka terpikirkan untuk mencari aplikasi yang bisa memanfaatkan HP Android sebagai barcode scanner, dimana hasil pembacaan barcode bisa terinput langsung di komputer. Jadi dengan cara tersebut maka kecepatan pelayanan pasien bisa ditingkatkan.

Setelah browsing kesana kemari, dan melakukan beberapa percobaan, akhirnya menemukan juga aplikasi yang saya inginkan. Aplikasi android ini sebenarnya bisa diunduh secara gratis di Google Play, akan tetapi yang versi gratis hanya terbatas 20 pembacaan barcode. Versi berbayar/pro  harganya Rp.79.727,-. Maka mau tidak mau saya harus mencari yang versi pro yang gratis di tempat lain, dan akhirnya menemukan lewat download via torrent. Walaupun sebenarnya tidak baik menggunakan aplikasi bajakan, tapi tidak apalah, yang penting bermanfaat..he..he..
Syarat dari penggunaan aplikasi ini adalah Komputer/PC dan HP Android harus terhubung dalam 1 jaringan. Jadi koneksi HP android ke komputer menggunakan Wifi yang masih berada dalam 1 jaringan.
Ilustrasi Konektifitas Jaringan Komputer dan Smartphone
Berikut ini adalah cara penggunaan aplikasi tersebut:

  1. Download aplikasi barcode scanner di sini, lalu install di HP Android anda
  2. Pada komputer,download driver di sini  atau disini (via dropbox), lalu install di komputer
  3. Pada Komputer,buka aplikasi yang membutuhkan barcode scanner, lalu letakkan kursor di menu input text
  4. Buka aplikasi Barcode Reader di HP Android, lalu scan barcode (kualitas kamera akan mempengaruhi kecepatan pembacaan barcode)
  5. Hasil scan barcode akan ditampilkan di komputer secara otomatis
Aplikasi ini dapat digunakan untuk semua aplikasi komputer yang membutuhkan input text. Jadi bisa juga digunakan untuk aplikasi perpustakaan, kasir, dsb. Jika anda tidak mempunyai radio accest point dirumah, anda bisa memanfaatkan laptop sebagai akses point atau hotspot, cari saja caranya di google dengan keyword “menjadikan laptop sebagai hotspot”.
Demikian cara menggunakan HP android sebagai barcode scanner di komputer/PC. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan lewat komentar di bawah.

–>

77 tanggapan untuk “Menjadikan HP Android Sebagai barcode scanner di PC (Komputer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *