Pengalaman Mengatasi/Servis Epson L210 Paper Jammed

Kali ini saya akan berbagi pengalaman cara mengatasi atau servis printer epson L210 Paper Jammed. Ditandai dengan lampu indikator kertas berwarna merah, dan pada Epson Status Monitor ada keterangan seperti di bawah ini:
  1. Cancel all print jobs
  2. Open the scanner and remove any jammed paper
  3. Close the unit and turn off and then on again

Pada keterangan dari epson status monitor tersebut, sistem mendeteksi paper jammed (kertas tersangkut) pada printer, kita disuruh membatalkan semua tugas pencetakan (Print Jobs), mengambil kertas yang tersangkut, kemudian mematikan dan menghidupkan printer.

Kemungkinan penyebab dari paper jammed secara umum adalah:

  1. Kertas tersangkut
  2. Ada benda asing yang berada di jalur sirkulasi kertas
  3. sensor bermasalah
  4. Terlalu banyak kertas yang dimasukkan pada tray paper

Langkah Awal pengecekan dan cara mengatasi untuk kasus printer paper jammed :

  1. Lihat apakah ada kertas atau benda asing yang tersangkut di jalur sirkulasi kertas. Sekecil apapun kertas atau benda asing yang berada di jalur sirkulasi kertas bisa menyebabkan paper jammed. Untuk itu teliti dengan seksama terlebih dahulu.
  2. Jika memang ada kertas yang tersangkut, tarik dari bawah kertas tersebut. Jangan pernah memaksa untuk menarik kertas dari atas, kareana bisa menyebabkan As patah.
  3. Anda bisa mematikan kemudian menghidupkan kembali printer, agar roda penggerak kertas berputar dan menarik kertas ke bawah.
Langkah-langkah tersebut diatas biasanya yang saya gunakan untuk analisa awal kerusakan printer berupa paper jammed. Akan tetapi, pada kasus printer teman saya tersebut. Tidak ada kertas  atau benda asing yang tersangkut. Dan saya tidak bisa membongkar printer tersebut, karena masih garansi dan baru dibeli beberapa hari sebelumnya. Sempat  menyuruh teman saya untuk membawa ke servis center. Karena memang saya tidak bisa membongkar printer tersebut sebab bisa merusak garansi. 
Akhirnya saya coba cek lagi untuk yang terakhir kali. Setelah saya cek dengan teliti lagi, ternyata ada  bagian dari printer tersebut yang lepas dari porosnya. Berikut ini adalah penampakan dari benda tersebut:

cara Mengatasi dan servis Epson L210 Paper Jammed
Penampakan penarik kertas yang lepas (gambar diambil setelah benda tersebut berhasil di pasang kembali)
Pada gambar tersebut diatas, yang saya lingkari merupakan poros dari benda yang berfungsi sebagai penarik kertas. Pada khasus ini bagian yang saya lingkari lepas. Dengan kesabaran akhirnya saya berhasil mengembalikan benda tersebut pada posisi awal. Gambar tersebut saya ambil setelah saya berhasil memasang kembali pada posisi semula. Dengan menyelipkan jari dan akurasi tinggi tanpa membongkar printer.

30 tanggapan untuk “Pengalaman Mengatasi/Servis Epson L210 Paper Jammed

  • Mei 25, 2016 pada 1:51 pm
    Permalink

    Wah….printer ane L220. Saya masukin komen ini saat printer bermasalah nih. Setiap buat ngeprint selalu jebredddd hanya ketarik separo kertas dan pasti langsung miring dan kertas ga karuan bentuknya setelah masuk separo langsung ngejam. Masih garansi

    Masalah di atas awal mulanya terjadi saat sering banget ngejam. Dan terakhir ngejam saya cabut kertasnya dari atas….alhasil jadi parah gini. Buat ngeprint langsung kertas yg masuk "pating kruwel"

    Balas
  • Juli 29, 2016 pada 1:19 am
    Permalink

    tq mannjur dah obatnya, printer ane langsung normal kembali,, padahal udah putus asa juga

    Balas
  • Agustus 25, 2016 pada 2:29 am
    Permalink

    Thanks Berat atas Share nya… sungguh membantu sekali.
    Problem nya sama percis. Paperjam padahal sudah tidak ada kertas. ternyata masalahnya disana sama. 😀
    Now it Fixed. Thanks Berat. MGBU

    Balas
  • Agustus 26, 2016 pada 2:19 pm
    Permalink

    Namanya PE Sensor Lever, Gan. Kalau untuk L550/L110/L210/L350 Part Numbernya 1572338

    Balas
  • September 6, 2016 pada 12:19 pm
    Permalink

    sama-sama..terima kasih sudah berkunjung..senang bisa bermanfaat 🙂

    Balas
  • September 12, 2016 pada 9:04 am
    Permalink

    printer L210 sudah sy cek semua dan dibongkar juga msh tetap 3 point diatas tu yg muncul.. mohon bantuannya. trims

    Balas
  • Oktober 4, 2016 pada 7:44 am
    Permalink

    Indahnya berbagi… Terima kasih banyak mas, artikelnya sangat membantu.. semoga selalu dalam lindungan Allah SWT..

    Balas
  • Desember 20, 2016 pada 2:17 am
    Permalink

    mau tanya sobat. printer ane kan epson L210 dipake buat print ko langsung narik kertas ya. tapi narik kertas nya setengah nyangkut. itu kenapa ya

    makasih

    Balas
  • Januari 16, 2017 pada 3:19 am
    Permalink

    thanks broo.. walaupun mirip masang kunci jam tangan, sedikit ribet.. but it works!!

    Balas
  • April 28, 2017 pada 12:04 pm
    Permalink

    Gan ane punya l300 nah kalo dinyalain tuh headnya nabrak penahan yg buat penahan gear roller sebelah motor soalnya penahan itu g mau kembali ke posisi semula tea gan kira kira knpa ya.saya udah cek semua per masih lengkap n terpasang dengan baik.sensor ane bersihin.makasih sebelumnya gan

    Balas
  • Juni 20, 2019 pada 3:45 pm
    Permalink

    mau tanya sobat. printer ane kan epson L210 dipake buat print ko langsung narik kertas ya. tapi narik kertas nya setengah nyangkut. itu kenapa ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *