Categories: Networking

Penjelasan tentang kekuatan Sinyal dalam dBm dan ASU

Kalau kita menggunakan fasilitas status sinyal yang ada pada smartphone android ataupun software informasi status sinyal lainnya, kita menemui informasi kekuatan sinyal seperti ini : Kekuatan Sinyal -105 dBm 4 asu. Satuan dBm mungkin sudah sering kita dengar sebelumnya, untuk asu mungkin agak asing bagi kita, terutama saya pada awalnya. Karena belum ketemu artikel dalam bahasa indonesia yang menjelaskan soal ini. Jangan dibayangkan asu itu bahasa jawa untuk anjing ya!! 😀 .
Oke nanti kita akan bahas satu-persatu. untuk yang belum tau cara mengecek kekuatan sinyal di HP android bisa di lihat di artikel sebelumnya : Cara Mudah Mengetahui Kekuatan Sinyal Operator pada HP Android .

dBm (kadang-kadang dB mW atau desibel-miliwatt) adalah singkatan untuk rasio daya dalam desibel (dB) yang dirujuk ke  satuan milliwatt (mW). Satuan ini biasa digunakan dalam jaringan radio, microwave dan serat optik. Untuk angka yang didepannya ada tanda minus (-) maka nilai semakin besar maka kekuatan sinyal akan semakin kecil.
Misal :
-100 dBm lebih kecil dari – 78 dBm,
(sinyal -78 dBm lebih kuat atau lebih baik dibanding -100 dBm.)
Arbitrary Strength Unit (ASU) adalah sebuah nilai dalam interger (bilangan buat) sebanding dengan kekuatan sinyal yang diterima yang diukur oleh perangkat Telepon Seluler.

Dalam Jaringan GSM, rumus untuk menghitung kekuatan sinyal dalam dBm :

dBm = 2 × ASU – 113,
ASU dalam kisaran angka 0..31 dan 99 (untuk sinyal yang tidak diketahui atau tidak terdeteksi).
contoh : Pada informasi smartphone Kekuatan Sinyal -105 dBm 4 asu
            dBm= 2 x 4 – 113 = -105 dBm

Dalam Jaringan UMTS, rumus untuk menghitung kekuatan sinyal dalam dBm :

dBm = ASU – 116,
ASU dalam kisaran angka -5..91 dan 255 (untuk sinyal yang tidak diketahui atau tidak terdeteksi).
contoh : Pada informasi smartphone Kekuatan Sinyal -96 dBm 10 asu
            dBm= 2 x 10 – 116 = -96 dBm

Dalam Jaringan LTE, rumus untuk menghitung kekuatan sinyal dalam dBm :

Kisaran angka yang valid dari ASU adalah dari 0 to 97. Untuk kisaran 1 sampai 96, ASU dipetakan ke

(ASU – 141) ≤ dBm < (ASU – 140).
Pada angka 0 dipetakan ke RSRP dibawah -140 dBm dan angka 97 dipetakan ke RSRP diatas -44 dBm.

Kesimpulan:
Jadi disini dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi angka dBm (dalam angka minus), maka sinyal semakin lemah, sedangkan semakin tinggi nilai ASU maka sinyal semakin kuat. Contoh: angka -101 dBm lebih lemah dari -87 dBm, angka 10 asu lebih kuat dari 4 asu.
Agus Armanto

View Comments

  • diliat dari tipe jaringannya, klu saya liat -80 dBm 60 ASU ini pasti di jaringn LTE jadi perhitungannya pakai menghitung
    (ASU - 141) ≤ dBm < (ASU - 140)
    (60 - 141) ≤ dBm < (60 - 140)
    (-81) ≤ dBm < (-80)
    semoga membantu

  • Gan kalo -80 dbm 60 asu kira2 punya ane gimana gan, soalnya ngaco tuh gan 2x60-113= -7 gan dan sinyal lemot bgt gan!!! Trus cara sembuhinnya bagaimana gan?

  • kalau secara teori akan bertambah 10 dBm dari sinyal semula. misal sinyal semula -100 dbm akan berubah menjadi -90 dbm. Tapi secara kenyataan akan dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari media yang menghalangi dan interferensi dari perangkat lain. Demikian yang saya tahu..jika ada yang salah mohon dikoreksi!!

  • Mau nanya nih gan, rencanany sy mo beli antena buat mifi, di keterangannya ad "real gain : 10dBm", sekarang sinyal sy kalo di rumah dpt 2 bar(lte).. Nah kalo misalkan dpt 10 dBm stlah pake antena, itu 10 dBm bakal ngaruh berapa banyak ya kira2 ? Trims

Share
Published by
Agus Armanto

Recent Posts

DJI Mavic Mini, Drone Terbaru Pesaing Spark

DJI yang dikenal sebagai produsen drone berkualitas, pada tanggal 30 Oktober 2019 meluncurkan Drone seri terbarunya, yaitu DJI Mavic Mini.…

1 bulan ago

Cara Super Mudah Merubah Hardisk Controller dari IDE ke AHCI pada windows 10 Tanpa Install Ulang

Pada Windows 10 yang pada waktu instalasi awal menggunakan settingan bios IDE mode, jika settingan biosnya dirubah ke AHCI maka…

1 bulan ago

5 Tips Mengatasi Touchpad Laptop tidak berfungsi (tidak bisa digerakkan/bergerak sendiri)

Touchpad merupakan alternative pengganti mouse yang biasanya terdapat pada laptop. Dengan adanya touchpad tentunya akan membuat laptop menjadi lebih ringkas…

6 bulan ago

Cara Masuk Bios Asus X200M

Untuk masuk bios pada netbook Asus X200M caranya tidak seperti laptop pada umumnya yang cukup F2 atau F10 dll berkali-kali…

7 bulan ago

Mengatasi Microsoft Word 2007 “Word Failed to start correctly last time. Starting Word In Safe Mode…”

Kemarin saya menemukan laptop teman saya yang teinstall microsoft office Word 2007 tiba-tiba error dan tidak bisa dibuka. Biasanya hal…

7 bulan ago

Panduan Lengkap (TIPS dan TRIK) Membeli Laptop Bekas

Membeli laptop untuk kebutuhan pekerjaan atau mengerjakan tugas agar lebih efektif dan fleksibel kadang menjadi kebutuhan yang harus kita penuhi.…

7 bulan ago